Sedikit Tentang Gambar Pertama…

Maret 2012 | Sebuah hari yang mengejutkan sebenarnya. Hari itu dibulan Maret tahun 2012, saya terbangun dipagi hari (atau siang lebih tepatnya.. 😛 ), mulai mengecek handphone dan melihat sebuah sms yang sedikit ‘aneh’, hehe..

Tiba-tiba saja teman masa SMA dulu meminta bantuan untuk mengerjakan desain bangunan learning center impian dia. Kenapa saya sebut ‘aneh’, karena teman saya waktu itu masih kuliah, dan jurusan yang dia ambil bukan jurusan teknik, melainkan salah satu jurusan dibidang pendidikan. Ternyata pada semester itu, dia mendapatkan tugas untuk membuat sebuah konsep learning center yang ideal menurut mereka.

Tentunya kesempatan ini tidak saya sia-sia kan untuk lebih memperdalam kemampuan saya.

Konsep awal yang saya punya adalah membuat rancang bangun yang modern dan tentunya tidak membosankan. Karena nantinya bangunan ini akan digunakan sebagai sebuah learning center.

Secara global, bangunan learning center dapat dikatakan sebagai bangunan edukasi yang mewadahi dan mendukung segala macam kegiatan belajar yang digunakan untuk umum. Jadi kegiatan utama di learng center adalah belajar. Umumnya learning center memiliki beragam fasilitas yang terintegrasi untuk mendukung belajar itu sendiri..

Balik ke konsep awal.. sebenarnya yang ingin saya coba terapkan pada bangunan ini adalah keleluasaan dalam belajar. Sehingga bangunan ini menjadi lebih nyaman digunakan untuk proses belajar.

Organisasi ruang saya bedakan di masing-masing lantai. Saya kelompokkan ruang-ruang yang memiliki keterkaitan satu sama lain dalam satu lantai. Sehingga lebih memudahkan ketika digunakan nantinya.

Organisasi Ruang Lantai 1

Lantai dasar bangunan banyak digunakan sebagai tempat untuk ‘umum’. Dalam artian lantai ini bisa digunakan siapa saja dan menampung tentang berbagai macam pengetahuan, tidak hanya menampung pengetahuan tertentu. Di lantai ini saya tempatkan perpustakaan, galeri foto dan grafis, galeri seni instalasi, dan ada juga diorama. Di lantai ini juga saya tempatkan kantor keamanan yang akan siaga penuh menjaga keamanan dan kenyamanan bangunan.. hehe

Organisasi Ruang Lantai 2

Lantai dua bangunan banyak saya manfaatkan untuk ruang ‘khusus’. Laboratorium bahasa, ruang multimedia, ruang IT, ruangan riset juga berada dilantai ini. Di lantai ini saya juga meletakkan sebuah auditorium yang mampu menampung 528 orang. Kecil memang kapasitas auditoriumnya, disini saya lebih mengedepankan kenyamanan pengguna auditorium, ya seperti tempat nonton di bioskop deh pokoknya.. hehe.. memang harus ada yang dikorbankan untuk menjadi lebih baik (baca; nyaman) kan?

Organisasi Ruang Lantai 3

Lantai teratas alias lantai tiga saya khususkan untuk tempat pelatihan audio visual dan juga fotografi. Semuanya terangkum di lantai ini.. hehe.. Di lantai ini semua wawasan dan pelatihan tentang dunia fotografi dan sinematografi (bener ga ya kata-katanya? hehe) diberikan.

Disetiap lorong yang ada, ditempatkan karya seni dua dimensional, sehingga ‘sepanjang perjalanan’ menelusuri learning center ini akan dipenuhi oleh karya seni baik itu fotografi maupun objek lainnya.

Di learning center ini saya tempatkan pula saran pendukung seperti masjid dan juga cafe. Sehingga nantinya bisa benar-benar terwujud bangunan learning center yang benar-benar terintegrasi dan mewadahi semua kegiatan pembelajaran.

Banyak dimanfaatkan untuk display karya dua dimensional

Semoga nantinya bangunan ini dapat terwujud dan dapat memberi manfaat pada masyarakat..

🙂

3 thoughts on “Sedikit Tentang Gambar Pertama…

Leave a Reply

